MATERI I
PENGERTIAN MEDIA PEMBELAJARAN
A. Pengertian Media Pembelajaran
Media pembelajaran adalah segala
sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan, dapat merangsang pikiran,
perasaan, dan kemauan peserta didik sehingga dapat mendorong terciptanya proses
belajar pada diri peserta didik.
B.
Perkembangan
Media Pembelajaran
Pada awal mulanya media hanya
dianggap sebagai alat Bantu mengajar guru (teaching
aids) alat Bantu yang dipakai adalah alat Bantu siswa, misalnya gambar,
model, objek, dan alat – alat lain yang dapat memberikan pengalaman konkrit,
motivasi belajar serta mempertinggi serap dan retensi belajar siswa.
C. Hubungan Antara Media Pembelajaran Dengan
Teknologi Pembelajaran
Teknologi pembelajaran memberikan
pengaruh terhadap perubahan paradigma pembelajaran. Perubahan tersebut
berimplikasi terhadap proses pembelajaran yang meliputi tujuan materi, metode
dan strategi, media dan evaluasi.
Media pembelajaran dan teknologi pembelajaran memiliki hubungan yang sanggat
erat karena penyampaian guru pada saat mengajar
pasti menggunakan media pembelajaran terutama di PGMI agar mempermudah
anak untuk memahami pelajaran
D. Ciri – Ciri Media Pembelajaran
Terdapat tiga ciri media yang
merupakan petunjuk mengapa media digunakan dan apa-apa saja yang dapat
dilakukan yang mungkin guru tidak mampu melakukannya. Ketiga ciri tersebut
diantaranya adalah :
a)
Ciri
fiksatif (fixative property)
Ciri ini menggambarkan kemampuan
media merekam,menyimpan, melestarikan dan merekonstruksi sutu peristiwa atau
objek
b)
Ciri
manipulatif (manipulative property)
Transformasi suatu
kejadian atau objek dimungkinkan karena media memiliki ciri manipulatif.
c)
Ciri
distributive (distributive property)
Ciri distributive dari media
memungkinkan suatu objek atau kejadian ditransportasikan melalui ruang dan
secara bersamaan kejadian tersebut disajikan kepada sejumlah besar siswa dengan
stimulus pengalaman yang relative sama mengenai kejadian itu.
E. Manfaat Media Pembelajaran
Secara umum media
pembelajaran mempunyai manfaat sebagai berikut:
Meningkatkan mutu
pendidikan dengan jalan mempercepat rate of learning;membantu guru menggunakan
waktu belajar secara lebih baik,serta mengurangi beban guru dalam menyajikan
informasi.
MATERI II
JENIS- JENIS MEDIA
PEMBELAJARAN DAN KARAKTERISTIKNYA
Media dalam proses pembelajaran dapat dikelompokkan
menjadi tiga kelompok besar, yakni media audio, media visual, media audio visual.
A. Media
Audio
Media audio adalah media yang hanya
melibatkan indera pendengaran dan hanya mampu memanipulasi kemampuan suara
semata.
Karakteristik
media audio
Ciri utama dari media ini adalah
pesan yang disalurkan melalui media audio dituangkan dalam lambing auditif, baik
verbal maupun nonverbal.
B. Media
Visual
Media visual adalah media yang
melibatkan indera penglihatan.
Karakteristik
media visual
a.
Gambar
Gambar secara garis besar dapat
dibagi pada tiga jenis, yakni sketsa, lukisan dan photo.
b.
Grafik
Grafik adalah gambar yang sederhana
yang banyak sedikitnya merupakan penggambaran data kuantitatif yang akurat
dalam bentuk yang menarik dan mudah dimengerti.
c.
Diagram
Diagram sering juga digunakan untuk
menerangkan letak bagian-bagian sebuah alat atau mesin serta hubungan satu
bagian dengan bagian yang lain.
d.
Bagan
Bagan hampir sama dengan diagram.
Bedanya, bagan lebih menekankan kepada suatu perkembangan atau suatu proses
atau susunan suatu organisasi. Bagan ada kalanya disertai simbol atau gambar,
maka hal ini sifatnya piktorial. Ada juga bagan yang ditambah dengan keterangan
singkat.
e.
Peta
Peta adalah gambar permukaan bumi
atau sebagian daripadanya. Sebenarnya peta bisa disebut juga sebagai bagan.
C. Media
Audio Visual
Media audio visual
adalah media yang melibatkan indera pendengaran dan penglihatan.
Karakteristik
media audio visual: Media yang melibatkan gambar dan suara.
MATERI III
PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
A. Ketepatan
Memilih Media Pembelajaran
Untuk mempermudah ketepatan dalam
memilih media pembelajaran, maka kita harus mengerti terlebih dahulu bahwa
media pembelajaran merupakan bagian dari sistem intruksional, yang berarti
bahwa keberadaan media pembelajaran tidak terlepas dari konteksnya sebagai
komponen dari sistem intruksional secara keseluruhan.
B. Kriteria
dalam Pemilihan Media Pembelajaran
Memilih media hendaknya tidak
dilakukan secara sembarangan, melainkan didasarkan atas kriteria tertentu.
Kesalahan pada saat pemilihan, baik pemilihan jenis media maupun pemilihan
topik yang dimediakan, akan membawa akibat panjang yang tidak kita inginkan di
kemudian hari.
C. Prosedur
Pemilihan Media
Prosedur pemilihan media pembelajaran
oleh Ronald H. Anderson, dibuat dalam bentuk Flowchart. Prosedur pemilihan
media pembelajaran dimulai dari sifat – sifat belajar seperti kognitif,
psikomotorik dan afektif.
D.
Tujuan
Pemanfaatan Media
Menurut Sudjana (2002:2) menyatakan tentang tujuan pemanfaatan media
adalah:
a)
Metode mengajar akan lebih bervariasi.
b)
Siswa akan lebih banyak melakukan kegiatan belajar.
E.
Pendekatan
Atau Model Pemilihan Media Pembelajaran
Anderson (1976) mengemukakan adanya dua pendekatan/ model dalam
proses pemilihan media pembelajaran, yaitu: model pemilihan tertutup dan model
pemilihan terbuka.
·
Model pemilihan
tertutup terjadi apabila alternatif media telah ditentukan “dari atas”
(misalnya oleh Dinas Pendidikan), sehingga mau tidak mau jenis media itulah
yang harus dipakai.
·
Model
pemilihan terbuka merupakan kebalikan dari pemilihan tertutup. Artinya, kita
masih bebas memilih jenis media apa saja yang sesuai dengan kebutuhan kita.
Alternatif media masih terbuka luas.
F. Manfaat
Penggunaan Media Pembelajaran
Secara umum manfaat penggunaan media pengajaran dalam kegiatan
belajar mengajar, yaitu :
a.
Media pengajaran dapat menarik dan memperbesar
perhatian anak didik terhadap materi pengajaran yang disajikan.
b.
Media pengajaran dapat mengatasi perbedaan
pengalaman belajar anak didik berdasarkan latarbelakang sosial ekonomi.
MATERI IV
SUMBER BELAJAR
A.
Pengertian
Sumber Belajar
Sumber belajar
adalah Segala sesuatu yang secara fungsional dapat dimanfaatkan dan digunakan
untuk menunjang, memelihara dan
memperkaya proses pembelajaran. Dapat berupa benda nyata, model, media
cetak, media audio visual, keadaan sekitar, proses, prosedur dan sebagainya.
B. Fungsi Utama Sumber
Belajar
Untuk memperbaiki,
memelihara dan meningkatkan kualitas pembelajaran yang sedang dilaksanakan.
Sumber daya pembelajaran merupakan berbagai usaha yang dilakukan untuk
dapat meningkatkan hasil dari proses pembelajaran.
Media pembelajaran merupakan berbagai jenis sumber daya dan komponen
dalam lingkungan sekolah yang dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran,
khususnya untuk mendorong dan memelihara siswa untuk belajar lebih aktif dan
produktif.
Secara umum
sumber belajar dapat dikategorikan ke dalam enam jenis, yaitu :
1.
Pesan
=> Informasi yang harus
disalurkan oleh komponen lain berbentuk ide, fakta, pengertian, data.
2.
Orang => Orang yang menyimpan informasi tidak termasuk
yang menjalankan fungsi pengembangan dan pengelolaan sumber belajar.
3.
Bahan
=> Sesuatu bisa disebut
software yang mengandung pesan untuk disajikan melalui pemakaian alat.
4.
Peralatan => Sesuatu bisa disebut hardware
yang menyalurkan pesan untuk disajikan yang ada di dalam software.
MATERI V
PENGARUH PERPUSTAKAAN
TERHADAP MEDIA PEMBELAJARAN
A.
Pengertian
Perpustakaan
Perpustakaan adalah suatu unit kerja
dari suatu lembaga yang berisi koleksi buku sebagai penunjang dalam
meningkatkan sumber belajar yang diatur untuk dibaca, dipelajari, dan dijadikan
bahan rujukan.
B.
Tujuan
Utama Penyelenggaraan Perpustakaan
Tujuan utama penyelenggaraan perpustakaan
sekolah adalah meningkatkan mutu pendidikan bersama-sama dengan unsur-unsur
sekolah lainnya. Sedangkan tujuan lainnya adalah menunjang, mendukung, dan
melengkapi semua kegiatan baik kurikuler, ko-kurikuler dan ekstra kurikuler,
disamping dimaksudkan pula dapat membantu menumbuhkan minat dan mengembangkan
bakat murid serta memantapkan strategi belajar mengajar.
C.
Fungsi
Perpustakaan
Berdasarkan tujuan perpustakaan
sekolah, maka dapat dirumuskan beberapa fungsi sebagai berikut :
·
Fungsi
Edukatif,
·
Fungsi Informatif,
·
Fungsi
Administratif,
·
Fungsi
Rekreatif,
·
Fungsi
Penelitian.
D.
Keuntungan
Memanfaatkan Lingkungan Sebagai Media Pembelajaran
1.
Menghemat
biaya.
2.
Memberikan
pengalaman yang rill kepada siswa, pelajaran menjadi lebih kongkret, tidak
furbalistik.
3.
Dapat
memberikan pengalaman langsung kepada siswa artinya berinteraksi secara
langsung dengan benda, lokasi atau peristiwa sesungguhnya secara alamiah.
MATERI VI
KONSEP
DASAR EVALUASI MEDIA PEMBELAJARAN DI PGMI
A.
Pengertian
Evaluasi Pembelajaran
Evaluasi merupakan bagian integral
dari suatu proses instruksional. Evaluasi dapat dilakukan dengan berbagai cara,
seperti diskusi kelas dan kelompok, interview perorangan, observasi mengenai
perilaku siswa dan evaluasi media yang tersedia.
B.
Tujuan
Evaluasi Media Pembelajaran
a. Memilih media pendidikan yang akan
dipergunakan oleh kelas.
- Untuk melihat prosedur atau mekanisasi penggunaan sesuatu alat.
- Untuk memeriksa apakah tujuan penggunaan alat tersebut telah tercapai.
C.
Jenis
Evaluasi Media Pembelajaran
Berdasarkan
tujuan evaluasi media pembelajaran
§ Evaluasi fungsi media.
§ Evaluasi penggunaan media oleh guru.
§ Evaluasi pengelolaan atau administrasi media.
Berdasarkan prosesnya
·
Evaluasi
formatif.
·
Evaluasi
sumatif.
D.
Prosedur
Atau Tahapan-Tahapan Evaluasi Media Pembelajaran
- Evaluasi satu lawan satu.
- Evaluasi Kelompok Kecil.
- Evaluasi Lapangan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar