flash message

Jumat, 21 Desember 2012

rangkuman materi mata kuliah media pembelajaran



MATERI I
PENGERTIAN MEDIA PEMBELAJARAN
A.    Pengertian Media Pembelajaran
Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan, dapat merangsang pikiran, perasaan, dan kemauan peserta didik sehingga dapat mendorong terciptanya proses belajar pada diri peserta didik.

B.     Perkembangan Media Pembelajaran
Pada awal mulanya media hanya dianggap sebagai alat Bantu mengajar guru (teaching aids) alat Bantu yang dipakai adalah alat Bantu siswa, misalnya gambar, model, objek, dan alat – alat lain yang dapat memberikan pengalaman konkrit, motivasi belajar serta mempertinggi serap dan retensi belajar siswa.

C.    Hubungan Antara Media Pembelajaran Dengan Teknologi Pembelajaran
Teknologi pembelajaran memberikan pengaruh terhadap perubahan paradigma pembelajaran. Perubahan tersebut berimplikasi terhadap proses pembelajaran yang meliputi tujuan materi, metode dan strategi, media dan evaluasi.
Media pembelajaran dan teknologi  pembelajaran memiliki hubungan yang sanggat erat karena penyampaian guru pada saat mengajar  pasti menggunakan media pembelajaran terutama di PGMI agar mempermudah anak untuk memahami pelajaran

D.    Ciri – Ciri Media Pembelajaran
Terdapat tiga ciri media yang merupakan petunjuk mengapa media digunakan dan apa-apa saja yang dapat dilakukan yang mungkin guru tidak mampu melakukannya. Ketiga ciri tersebut diantaranya adalah :


a)      Ciri fiksatif (fixative property)
Ciri ini menggambarkan kemampuan media merekam,menyimpan, melestarikan dan merekonstruksi sutu peristiwa atau objek
b)      Ciri manipulatif (manipulative property)
Transformasi suatu kejadian atau objek dimungkinkan karena media memiliki ciri manipulatif.
c)      Ciri distributive (distributive property)
Ciri distributive dari media memungkinkan suatu objek atau kejadian ditransportasikan melalui ruang dan secara bersamaan kejadian tersebut disajikan kepada sejumlah besar siswa dengan stimulus pengalaman yang relative sama mengenai kejadian itu.

E.     Manfaat Media Pembelajaran
Secara umum media pembelajaran mempunyai manfaat sebagai berikut:
Meningkatkan mutu pendidikan dengan jalan mempercepat rate of learning;membantu guru menggunakan waktu belajar secara lebih baik,serta mengurangi beban guru dalam menyajikan informasi.













MATERI II
JENIS- JENIS MEDIA PEMBELAJARAN DAN KARAKTERISTIKNYA
Media dalam proses pembelajaran dapat dikelompokkan menjadi tiga kelompok besar, yakni media audio, media visual, media audio visual.
A.    Media Audio
Media audio adalah media yang hanya melibatkan indera pendengaran dan hanya mampu memanipulasi kemampuan suara semata.
Karakteristik media audio
Ciri utama dari media ini adalah pesan yang disalurkan melalui media audio dituangkan dalam lambing auditif, baik verbal maupun nonverbal.

B.     Media Visual
Media visual adalah media yang melibatkan indera penglihatan.
Karakteristik media visual
a.      Gambar
Gambar secara garis besar dapat dibagi pada tiga jenis, yakni sketsa, lukisan dan photo.
b.      Grafik
Grafik adalah gambar yang sederhana yang banyak sedikitnya merupakan penggambaran data kuantitatif yang akurat dalam bentuk yang menarik dan mudah dimengerti.
c.       Diagram
Diagram sering juga digunakan untuk menerangkan letak bagian-bagian sebuah alat atau mesin serta hubungan satu bagian dengan bagian yang lain.
d.      Bagan
Bagan hampir sama dengan diagram. Bedanya, bagan lebih menekankan kepada suatu perkembangan atau suatu proses atau susunan suatu organisasi. Bagan ada kalanya disertai simbol atau gambar, maka hal ini sifatnya piktorial. Ada juga bagan yang ditambah dengan keterangan singkat.
e.       Peta
Peta adalah gambar permukaan bumi atau sebagian daripadanya. Sebenarnya peta bisa disebut juga sebagai bagan.

C.    Media Audio Visual
Media audio visual adalah media yang melibatkan indera pendengaran dan penglihatan.
Karakteristik media audio visual: Media yang melibatkan gambar dan suara.























MATERI III
PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
A.    Ketepatan Memilih Media Pembelajaran
Untuk mempermudah ketepatan dalam memilih media pembelajaran, maka kita harus mengerti terlebih dahulu bahwa media pembelajaran merupakan bagian dari sistem intruksional, yang berarti bahwa keberadaan media pembelajaran tidak terlepas dari konteksnya sebagai komponen dari sistem intruksional secara keseluruhan.

B.     Kriteria dalam Pemilihan Media Pembelajaran
Memilih media hendaknya tidak dilakukan secara sembarangan, melainkan didasarkan atas kriteria tertentu. Kesalahan pada saat pemilihan, baik pemilihan jenis media maupun pemilihan topik yang dimediakan, akan membawa akibat panjang yang tidak kita inginkan di kemudian hari.

C.    Prosedur Pemilihan Media
Prosedur pemilihan media pembelajaran oleh Ronald H. Anderson, dibuat dalam bentuk Flowchart. Prosedur pemilihan media pembelajaran dimulai dari sifat – sifat belajar seperti kognitif, psikomotorik dan afektif.
D.    Tujuan Pemanfaatan Media
Menurut Sudjana (2002:2) menyatakan tentang tujuan pemanfaatan media adalah:
a)      Metode mengajar akan lebih bervariasi.
b)      Siswa akan lebih banyak melakukan kegiatan belajar.



E.     Pendekatan Atau Model Pemilihan Media Pembelajaran
Anderson (1976) mengemukakan adanya dua pendekatan/ model dalam proses pemilihan media pembelajaran, yaitu: model pemilihan tertutup dan model pemilihan terbuka.
·         Model pemilihan tertutup terjadi apabila alternatif media telah ditentukan “dari atas” (misalnya oleh Dinas Pendidikan), sehingga mau tidak mau jenis media itulah yang harus dipakai.
·         Model pemilihan terbuka merupakan kebalikan dari pemilihan tertutup. Artinya, kita masih bebas memilih jenis media apa saja yang sesuai dengan kebutuhan kita. Alternatif media masih terbuka luas.
F.     Manfaat Penggunaan Media Pembelajaran
Secara umum manfaat penggunaan media pengajaran dalam kegiatan belajar mengajar, yaitu :
a.       Media pengajaran dapat menarik dan memperbesar perhatian anak didik terhadap materi pengajaran yang disajikan.
b.      Media pengajaran dapat mengatasi perbedaan pengalaman belajar anak didik berdasarkan latarbelakang sosial ekonomi.










MATERI IV
SUMBER BELAJAR
A.    Pengertian Sumber Belajar
Sumber belajar adalah Segala sesuatu yang secara fungsional dapat dimanfaatkan dan digunakan untuk menunjang, memelihara dan  memperkaya proses pembelajaran. Dapat berupa benda nyata, model, media cetak, media audio visual, keadaan sekitar, proses, prosedur dan sebagainya.

B.     Fungsi Utama Sumber Belajar
Untuk memperbaiki, memelihara dan meningkatkan kualitas pembelajaran yang sedang dilaksanakan.
Sumber daya pembelajaran merupakan berbagai usaha yang dilakukan untuk dapat meningkatkan hasil dari proses pembelajaran.
Media pembelajaran merupakan berbagai jenis sumber daya dan komponen dalam lingkungan sekolah yang dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran, khususnya untuk mendorong dan memelihara siswa untuk belajar lebih aktif dan produktif.
Secara umum sumber belajar dapat dikategorikan ke dalam enam jenis, yaitu :
1.      Pesan   =>  Informasi yang harus disalurkan oleh komponen lain berbentuk ide, fakta, pengertian, data.
2.      Orang  =>  Orang yang menyimpan informasi tidak termasuk yang menjalankan fungsi pengembangan dan pengelolaan sumber belajar.
3.      Bahan   =>  Sesuatu bisa disebut software yang mengandung pesan untuk disajikan melalui pemakaian alat.
4.      Peralatan => Sesuatu bisa disebut hardware yang menyalurkan pesan untuk disajikan yang ada di dalam software.





MATERI V
PENGARUH PERPUSTAKAAN TERHADAP MEDIA PEMBELAJARAN
A.    Pengertian Perpustakaan
Perpustakaan adalah suatu unit kerja dari suatu lembaga yang berisi koleksi buku sebagai penunjang dalam meningkatkan sumber belajar yang diatur untuk dibaca, dipelajari, dan dijadikan bahan rujukan.

B.     Tujuan Utama Penyelenggaraan Perpustakaan
Tujuan utama penyelenggaraan perpustakaan sekolah adalah meningkatkan mutu pendidikan bersama-sama dengan unsur-unsur sekolah lainnya. Sedangkan tujuan lainnya adalah menunjang, mendukung, dan melengkapi semua kegiatan baik kurikuler, ko-kurikuler dan ekstra kurikuler, disamping dimaksudkan pula dapat membantu menumbuhkan minat dan mengembangkan bakat murid serta memantapkan strategi belajar mengajar.

C.    Fungsi Perpustakaan
Berdasarkan tujuan perpustakaan sekolah, maka dapat dirumuskan beberapa fungsi sebagai berikut :
·         Fungsi Edukatif,
·         Fungsi Informatif,
·         Fungsi Administratif,
·         Fungsi Rekreatif,
·         Fungsi Penelitian.

D.    Keuntungan Memanfaatkan Lingkungan Sebagai Media Pembelajaran
1.      Menghemat biaya.
2.      Memberikan pengalaman yang rill kepada siswa, pelajaran menjadi lebih kongkret, tidak furbalistik.
3.      Dapat memberikan pengalaman langsung kepada siswa artinya berinteraksi secara langsung dengan benda, lokasi atau peristiwa sesungguhnya secara alamiah.
MATERI VI
KONSEP DASAR EVALUASI MEDIA PEMBELAJARAN DI PGMI

A.    Pengertian Evaluasi Pembelajaran
Evaluasi merupakan bagian integral dari suatu proses instruksional. Evaluasi dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti diskusi kelas dan kelompok, interview perorangan, observasi mengenai perilaku siswa dan evaluasi media yang tersedia.

B.     Tujuan Evaluasi Media Pembelajaran
a.   Memilih media pendidikan yang akan dipergunakan oleh kelas.
  1. Untuk melihat prosedur atau mekanisasi penggunaan sesuatu alat.
  2. Untuk memeriksa apakah tujuan penggunaan alat tersebut telah tercapai.

C.    Jenis Evaluasi Media Pembelajaran
Berdasarkan tujuan evaluasi media pembelajaran
§  Evaluasi fungsi media.
§  Evaluasi penggunaan media oleh guru.
§  Evaluasi pengelolaan atau administrasi media.
Berdasarkan prosesnya
·         Evaluasi formatif.
·         Evaluasi sumatif.

D.    Prosedur Atau Tahapan-Tahapan Evaluasi Media Pembelajaran
  • Evaluasi satu lawan satu.
  • Evaluasi Kelompok Kecil.
  • Evaluasi Lapangan.

Tidak ada komentar: